Bukan Review : Hello Ghost Korean Movie (2010)



Saat isolasi mandiri di hotel kemarin, saya ingin mengisi kesibukan dengan hal bermanfaat seperti ikut webinar, membaca jurnal, menulis dan hal-hal hebat lainnya. Tapi sayang sekali, itu tentu saja mustahil bin ajaib untuk sobat mager nan pemalas seperti saya. Berjemur dan olahraga di tempat karantina saja saya malas setengah mati apalagi melakukan hal-hal yang saya sebutkan diatas. Paling-paling waktu saya habiskan dengan rebahan sambil scrolling twitter untuk mencari keributan apalagi yang menarik untuk disimak.

Hari-hari saya dihabiskan dengan buka twitter lalu buka grabfood dan membayangkan besok mau makan apa. Karena nasi kotak 3 kali sehari agak membosankan. Saya sudah membayangkan makan geprek bensu dan mie gacoan. Tapi saya tunda dulu karena takut sakit tenggorokan. Saya sempat nonton salah satu film korea yang membuat saya menangis tersedu-sedu hingga capek lalu tertidur. Judulnya Hello Ghost. Pemeran utamanya si ahjussi yang sudah pasti seringkali kamu temukan di film atau di reality show di Seoul sana. 

Film ini sungguh membuat saya menangis sampai hidung saya mampet. Awal film memang ada beberapa adegan komedi. Tapi ngakak saya tidak sebanding dengan air mata dan sekret dari hidung alias ingus yang saya keluarkan. Pokoknya saya nangis sampe capek. Besoknya saya bangun siang dengan mata sembab seperti disengat tawon.

Saya memang paling tidak bisa kalau disuguhkan tontonan yang berhubungan dengan keluarga atau orang tua. Bawaannya pasti mewek. 

Hello Ghost adalah film garapan Korea Selatan pada tahun 2010. Bagi pecinta per-Korea-an pasti sudah tidak asing dengan beberapa pemainnya. Cerita diawali dengan si pemeran utama yaitu Sang Man yang hidup sebatang kara dan berkali-kali berusaha mengakhiri hidupnya namun gagal. Pengalamannya yang sempat berada di ambang kematian inilah yang membuatnya bisa melihat wujud hantu. Hantunya berbagai jenis, ada si kakek pervert, si bapak yang suka merokok, si ibu yang hobi menangis, dan si anak lelaki yang suka bermain. Jadi, keempat hantu ini mengikutinya kemanapun ia pergi. Sampai-sampai dia kesal dan mengusir mereka, karena dia dikira gila oleh orang-orang disekitar. Tapi ternyata untuk mengusir hantu-hantu ini, Sang Man harus mewujudkan keinginan mereka. Mulai dari sinilah kita akan dibawa tertawa, kesal, penasaran, lalu ikut menangis tersedu-sedu saat mengikuti perjalanan Sang Man dan para hantu. Oh ya, si Sang Man naksir perawat cantik di Rumah Sakit. Dia sampai bela-belain membeli sekotak dvd kartun karena si cewek ini hobinya nonton kartun. Lama-lama si Sang Man kerasan juga hidup bersama para hantu. 
"Its my first time living with others. I wish they were normal people". Kalimat ternyesek yang dilontarkan saking kesepiannya Sang Man yang selalu hidup sendiri.

Nah, mulai dari sini kalian sudah bisa siap-siap tissue, ya. Karena sudah tidak ada komedi-komedinya. Kalian akan disajikan kenyataan bahwa si hantu ini ternyata adalah...silahkan tonton sendiri. Scene paling ngeselin dan bikin nangis makin kenceng adalah saat Sang Man makan kimbab sambil menangis. Percayalah makan sambil nangis adalah wujud kesedihan yang paling ekstreme. Bagi yang belum pernah silahkan dicoba. 

Hello Ghost adalah salah satu tontonan yang boleh dicoba bagi siapa saja walaupun bukan penggemar korea-koreaan. Tapi sesungguhnya semua orang akan korea juga pada waktunya. Terbukti beberapa orang yang saya kenal dari pria usia 40an dan ibu-ibu pecinta dangdut Indosiar jadi suka nonton World of Married Couple. Nonton ini berasa hangat, bikin kangen keluarga. Jadi, buat yang punya banyak waktu dan ingin nonton film tapi bingung nonton apa, yang ini bolehlah dilirik.

Selamat menonton.


Komentar